Selamat Hari Raya Nyepi Tahun Baru Saka 1935

Kamis, Maret 14, 2013

Selamat hari raya nyepi bagi teman2 yang merayakan ^^ maaf ngucapinnya telat soalnya kemarin aku ngga ada buka laptop sama sekali >.<

Bagi kawan2 yang tinggal diluar Bali mungkin ada beberapa yang ngga tau apa itu nyepi, Nyepi itu dari kata sepi (sunyi, senyap) yaitu perayaan Tahun Baru Hindu berdasarkan penanggalan/kalender saka. Tujuan utama Hari Raya Nyepi adalah memohon ke hadapan Tuhan Yang Maha Esa, untuk menyucikan Bhuana Alit (alam manusia/microcosmos) dan Bhuana Agung/macrocosmos (alam semesta). Jadi pada hari raya ini, seluruh kegiatan ditiadakan termasuk toko2 tutup, mall2 juga tutup, bandara, terminal dan lain sebagainya pun tutup pada hari ini (pengecualian untuk rumah sakit). Kita juga dilarang keluar rumah dan menyalakan lampu, terutama pada malam hari. Sebelum hari raya Nyepi, ada beberapa rangkaian upacara yang dilakukan umat Hindu, khususnya di Bali. Misalnya mengarak ogoh2, dan lain sebagainya.

Di hari raya nyepi kali ini, aku sih dirumah aja soalnya tahun2 lalu sudah pernah ke Surabaya, di hotel, dsb jadi kami sekeluarga memutuskan untuk diam dirumah. Kalau temen2 yang tinggal di Bali pasti tau lah, tutup2 jendela biar ga dimarahi pecalang (semacam pengawas) kalau nyalain lampu pas malam2 XD

Nah, nyepi pastilah sekolah libur. Pas aku bangun pagi, aku langsung merasakan bertapa damainya hari ini. soalnya ga ada suara kendaraan sama skali XD pagi2 hanya terdengar suara ayam berkokok dan burung2 berkicau (haiss). Aku menjalani hari2ku seperti biasa, terus siang2 sekitar jam 11an, aku jalan2 ke jalan raya :3 setahun skali coy bisa jalan di tengah jalan dengan bebas tanpa takut2 ditabrak mobil~ hyahaha XD tapi liat2 keadaan dulu, kalau banyak pecalang ga bisa, nanti dimarahi ._. dan berhubung pas itu ngga ada, jadi jalan2 deh aku ke jalan raya sama papaku.. ^^

Rumahku kan dekat sama jalan besar jadi jalan kaki aja bisa. Bener2 ngga ada mobil! wkwk soalnya nyepi2 sebelumnya aku ga pernah jalan2 di jalan raya. Berikut ini foto2nya yang aku ambil ^^ hehehe...






Foto diatas ini aku lagi ditengah jalan :p hehehe~

Aaaaand yes, aku masi pake baju rumah >.< sorry for that, lagian ngapain pake baju bagus2, cuma ke tengah jalan jugaan XD

Okey, that's all for this post.

Skali lagi, selamat hari raya nyepi ^^

Xoxo, Jessi ♥

You Might Also Like

0 comments

Leave a comment below if you have any questions or opinion.
I will reply them as soon as I can ^^
Please, no advertising/spamming on the comment section!